Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kapolda Kepulauan Riau menghadiri Upacara Peresmian Lanud Hang Nadim Batam oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M. di Kantor Pangkalan Udara Hang Nadim Batam, Kamis (4/7/2019).

Selain Kapolda Kepri, turut hadir Gubernur Provinsi Kepri, Pangops AU, Kabid Humas dan Kabid Propam Polda Kepri, Danlanud RHF, Kapolresta Barelang, Danlanud HNB, dan para personil TNI-Polri.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M. menyampaikan bahwa peresmian Lanud Hang Nadim Batam ini merupakan tindak lanjut peraturan Kepala Staff Angkatan Udara tentang organisasi dan tugas Pangkalan Udara Hang Nadim Batam TNI AU.

“Penetapan Pangkalan Udara ini menjadi Lanud tipe C melalui dinamika, Proses dan penuh perjuangan yang sangat panjang,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia berada pada posisi silang strategis, terlebih Batam berbatasan langsung dengan Negara tetangga dan Selat terpadat di dunia. Batam menjadi salah satu wilayah pusat strategis nasional.

“Tercatat ada 596 penerbangan militer yang dilakukan dibandara Hang Nadim Batam seperti contoh, Ops. Angkasa Yuda, Ops. Poros Sagara, Penerbangan VIP / VVIP, hingga misi penerbangan special fly. Oleh karena itu TNI AU menetapkan Lanud Hang Nadim menjadi tipe C,” jelasnya.

Adapun pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M. melantik langsung Letnan Kolonel Penerbang Urip Widodo sebagai danlanud pertama Lanud Hang Nadim.

“Mulai bekerja profesional, militan dan inofativ, keberadan Pangkalan Udara ini sebgai ujung tombak menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Perbatasan. Kalian sebagai pejuang dan perintis serta pelopor dalam terbentuknya lanud Hang Nadim Batam dan akan ditorehkan dengan tinta emas didalam sejarah TNI AU,” pungkasnya.