Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kondisi cuaca di simpang Lagoi tepatnya di Terminal Seri Tri Buana tempat dilaksanakannya even Tour de Bintan 2019 diwarnai dengan turunnya hujan deras sejak pagi, Sabtu (30/03/2019).

Tampak pesepeda yang berasal dari sejumlah negara asing berteduh dibawah tenda bersama dengan tamu kehormatan diantaranya Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM, Kafasharkan Koarmada I TNI AL Kolonel Laut (T) Mulyatna, Danlanud RHF Tanjung Pinang Kolonel Pnb Elistar Silaen, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si, Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, SIK, MH, Kadis Pariwisata Bintan Drs. Wan Rudi Iskandar, Vice President PT Bintan Resort Cakrawala Sdr. Frans Gunara dan General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Sdr. Abdul Wahab.

Tepatnya pada pukul 08.15 Wib dimulai pelepasan balap sepeda Tour de Bintan 2019 etape pertama oleh Wakil Bupati Bintan dan Kafasharkan Koarmada I TNI AL kemudian disusul oleh Danlanud RHF Tanjung Pinang dan Kapolres Bintan pada pelepasan peserta etape kedua.

Even Tour de Bintan 2019 diikuti oleh peserta sejumlah ± 1036 orang yang berasal dari 48 negara dan tergabung dalam komunitas UCI (Union Cycliste Internationale) dan memiliki standar internasional, disamping itu juga kegiatan Tour de Bintan 2019 merupakan babak penyisihan dalam even UCI dan puncak dari kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan September 2019 di Poznan, Polandia.

Sementara itu kategori yang diperlombakan dalam even Tour de Bintan 2019 meliputi rute sedang 82 Km dan rute terjauh 140 Km oleh para pesepeda yang berdasarkan usia yakni :

  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta wanita sebanyak 65 orang.
  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta laki-laki usia 19  s/d 34 tahun sebanyak 131 orang.
  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta laki-laki usia 35 s/d 39 tahun sebanyak 141 orang.
  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta laki-laki usia 40 s/d 44 tahun sebanyak 143 orang.
  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta laki-laki usia 45 s/d 49 tahun sebanyak 105 orang.
  • Kategori Grand Fondo Classic 140 Km dengan peserta laki-laki usia 50 tahun keatas sebanyak 135 orang.
  • Kategori Grand Fondo Challenge 82 Km dengan peserta sebanyak 316 orang.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si mengatakan dalam rangka mendukung dan mensukseskan even Tour de Bintan 2019, Polres Bintan telah menurunkan personil Polri sejumlah 185 orang dan ditambah dengan sejumlah anggota Batalyon B Pelopor Satbrimobda Kepri.

“Even Tour de Bintan 2019 merupakan kegiatan olahraga dan wisata yang diselenggarakan oleh Pemkab Bintan dan diikuti pesepeda internasional dari sejumlah negara asing, Polres Bintan selaku institusi keamanan wajib memberikan pengamanan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga asing dan mendukung program pembangunan Pemkab Bintan untuk mengenalkan potensi wisata kepada negara asing” ujar AKBP Boy

Sementara itu Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam menambahkan kegiatan Tour De Bintan 2019 merupakan even olah raga tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kab. Bintan dalam rangka promosi dan pengembangan pariwisata di wilayah Kab. Bintan.

Pesepeda yang mengikuti even Tour De Bintan 2019 melintasi rute jalan raya hingga masuk jalan perkampungan yang telah disiapkan oleh panitia meliputi wilayah Kec. Teluk Sebong, Kec. Teluk Bintan dan Kec. Gunung Kijang serta Kec. Bintan Timur.

Tampak personil Polres Bintan bersama para sukarelawan dengan menggunakan mantel hujan melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada penggalan jalan atau rute yang dilalui pesepeda even Tour de Bintan 2019. Derasnya curah hujan tidak menyurutkan semangat personil Polres Bintan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mensukseskan even olahraga ini.

“Saya selaku Kapolres Bintan memberikan apresiasi kepada personil Polres Bintan yang telah menunjukkan dedikasinya dengan penuh semangat melaksanakan tugas pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada rute yang dilalui pesepeda asing walaupun pada saat ini kondisi cuaca ditengah guyuran hujan deras dan semoga semua yang dilakukan akan menjadikan amal ibadah bagi kita semuanya” ungkap Kapolres Bintan.

Secara umum pelaksanaan even Tour de Bintan 2019 berjalan dengan aman dan lancar serta situasi dalam keadaan kondusif, walapun adanya beberapa insiden kecil yang dialami para peserta yang terjatuh dan tergelincir akibat faktor jalanan yang licin sehubungan hujan deras dan kurangnya kewaspadaan dalam mengendalikan kecepatan sepeda, namun permasalahan tersebut telah ditangani oleh panitia penyelenggara dan merawat peserta yang mengalami musibah di RSUD Busung. (ary)