Tribratanews.kepri.polri.go.id – Cuaca kemarau yang saat ini melanda Kabupaten Bintan mengakibatkan sebagian lahan baik kebun maupun hutan yang ada di Kabupaten Bintan mengalami kekeringan. Hal ini berdampak pada rentannya lahan yang kering tersebut terhadap api yang dapat menyebabkan kebakaran.

Mengantisipasi hal tersebut, personil Sat Binmas Polres Bintan BRIPKA Eko Irdoyo memberi himbauan akan Kebakaran Hutan dan Lahan kepada karyawan Perkebunan Desa Penaga Kabupaten Bintan, Kamis (8/8/2019).

BRIPKA Eko Irdoyo didampingi BRIGADIR Khaidir mensosialisasikan tentang bahaya Karhutla dan sanksi bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan yang diatur dalm UU RI No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Dalam rumusan Pasal 98 dijelaskan bahwa”Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan diancam minimal 3 tahun penjara dan maksimal 10 tahun penjara serta denda minimal 3 Miliar dan maksimal 10 Miliar”,” jelas BRIPKA Eko.

BRIGADIR Khaidir juga mengingatkan kepada masyarakat jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan listrik sebagai langkah antisipasi konseleting agar terhindar dari kebakaran.