(0778) 7763512 (0778)-7763541kepri@polri.go.id

Permudah Masyarakat, Polri Tingkatkan Pelayanan Dengan Berbasis IT

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Dalam rangka mendukung salah satu program prioritas Kapolri, Ditlantas Polda Kepri  meluncurkan beberapa terobosan inovasi kreatif pelayanan publik berbasis IT yang mudah diakses masyarakat. Sehingga bukan hal yang aneh jika masyarakat sekarang lebih mudah dan cepat dalam pembuatan SIM, STNK, dan BPKB. Bahkan untuk pembayaran pajak sekarang juga lebih efisien dan tidak memerlukan banyak menghabiskan waktu wajib pajak.

Inovasi pelayanan publik berbasis IT yang di buat oleh Ditlantas Polda Kepri diantaranya adalah:

  1. SAMSAT AUTOMATIC MACHINE (SAM) Kepri merupakan inovasi terbaru yang memudahkan    wajib pajak membayar pajak tahunan dan SWDKLLJ tanpa harus    bertemu dengan petugas samsat.
  2. SAMSAT DRIVE THRU yang memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan        SWDKLLJ 1 tahun yang dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga wajib pajak       sehingga tidak perlu mengantri lama, menunggu dan berulang kali datang ke samsat           hanya untuk membayar pajak kendaraan.
  3. APM ONLINE adalah sistem pendaftaran kendaraan baru online dengan dealer kendaraan. Aplikasi ini nantinya akan menggantikan sistem pendaftaran kendaraan baru        yang menggunakan sarana Email serta offline sehingga memerlukan waktu yang lama.           Selain itu, dalam APM online ditambahkan isian data pemilik kendaraan yang lebih    lengkap dan dokumen elektronik mengenai surat kendaraan.
  4. SAM LANTAS KEPRI sebuah aplikasi yang berisikan data kendaraan secara umum serta        berguna memberikan kepastian legalitas kendaraan tersebut. Selain itu dalam aplikasi ini   juga memberikan informasi kepada masyarakat jumlah pajak yang harus dibayar.         Tampilan utama SAM LANTAS KEPRI dibuat sesederhana mungkin oleh Ditlantas   Polda Kepri agar memudahkan masyarakat dalam penggunaannya. Masyarakat juga dapat melakukan penilaian terkait dengan pelayanan Ditlantas sehingga menjadi tolak       ukur bagi pimpinan atas kinerja personil pada setiap pelayanan yang diberikan.
  5. SAM LINK adalah pelayanan pengesahan STNK, pembayaran pajak kendaraan bermotor        dan SWDKLLJ pada setiap kantor samsat dengan menggunakan sistem jaringan        interkoneksi yang memungkinkan wajib pajak melakukan pembayaran tanpa perlu terikat        dengan domisili. Apabila terjadi gangguan jaringan, maka dapat dilakukan dengan   perekaman data pada master link. Setelah komunikasi data kembali berfungsi maka    proses data akan dilakukan rekonsiliasi dengan data induk pada masing-masing samsat.

Aplikasi yang diluncurkan oleh Ditlantas Polda Kepri menandakan semakin mudah dan cepat pelayanan yang diberikan oleh kepolisian untuk masyarakat tanpa perlu melalui yang panjang dan waktu lama.

Penulis : Rexi

Editor  : Tahang

Publish : Tahang