(0778) 7763512 (0778)-7763541kepri@polri.go.id

Wakapolda Kepri Hadiri Konferensi Pers Penangkapan Kapal Asing Ilegal MV NIKA

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Wakapolda Kepulauan Riau, Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, M.H. menghadiri kegiatan konferensi pers penangkapan Kapal Asing Ilegal MV. NIKA sekaligus ekspose keberhasilan penggagalan penyelundupan benih lobster di Lampung dan Jambi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Senin (15/7/2019).

Bertempat di Kantor PSDPKP BATAM Jembatan II Barelang, turut hadir Kapolda Lampung, Kakorpolairud Baharkam Polri, Danlantamal, dan para pejabat utama Polda Kepri.

Dijelaskan, pada hari Jumat 12 Juli 2019 sekira pukul 08.19 WIB, KP ORCA 3 & 2 berhasil mengamankan MV NIKA di ZEE Indonesian di Selat Malaka, dimana MV NIKA tidak mengibarkan bendera Panama maupun Indonesia.

Adapun MV NIKA juga merupakan buruan INTERPOL sejak bulan Juni 2019. Saat penangkapan juga berhasil diamankan Anak Buah Kapal (ABK) dari Rusia 18 orang dan Indonesia 10 orang.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti menekankan kepada Negara-negara di dunia yang memiliki Direct Legal Interest terhadap kejahatan lintas Negara terorganisir untuk menerapkan pertanggungjawaban pidana korporasi seperti kasus Viking, STS 50 dan NIKA.

“Apabila pertanggungjawaban pidana korporasi tidak diterapkan, selama itu pula kelompok-kelompok pelaku illegal fishing ini tidak akan pernah jera,” pungkas Ibu Susi.