Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polda Kepulauan Riau melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dilapangan Upacara Polda Kepri, Sabtu (1/6/2019). Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Wakapolda Kepri serta turut hadir Irwasda, para pejabat utama, dan para personil Polda Kepri.

Sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Ripublik Indonesia HARIYONO yang di bacakan oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, M.H bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pendangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa buat bangsa indonesia.

“Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong kberagaman yang ada menjadi suatu berkah,” ujar Wakapolda.

Lanjutnya, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”. Adapun melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita indonesia, kita Pancasila,” tutup Wakapolda Kepri.