(0778) 7763512 (0778)-7763541kepri@polri.go.id

Kapal Angkut Logistik Pemilu 2019 Kandas di Pulau Rusa, Polda Kepri dan Polres Bintan Lakukan Evakuasi Logistik Pemilu

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sebuah kapal kargo KM. Bayu Permata yang mengangkut logistik Pemilu 2019 tujuan Kab. Natuna kandas setelah menghantam karang tepatnya di perairan Pulau Rusa Kec. Mantang Kab. Bintan, Jumat (28/03/2019).

Akibat kejadian tersebut pihak kapal menghubungi dan meminta bantuan kepada pihak TNI AL, Polres Bintan serta Kantor Penyelamatan dan Pencarian Tanjungpinang untuk dilakukan evakuasi dan akhirnya dikirimkan kapal patroli dari ketiga instansi tersebut.

Sementara itu dalam rangka menyikapi kejadian tersebut akhirnya Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si memerintahkan Kasatpolair Polres Bintan dan Kapolsek Bintan Timur untuk melakukan evakuasi serta mengamankan dokumen atau logistik Pemilu 2019 alokasi Kab. Natuna.

Dari pantauan dilapangan bahwa kapal kargo KM. Bayu Permata mengangkut logistik Pemilu 2019 tujuan Kab. Natuna berupa Formulir C2 dan C7, Formulir Model DAA.1 serta Formulir Model DA.1 dengan jumlah keseluruhan mencapai 26 koli, sementara dalam proses pengangkutan atau pengiriman logistik Pemilu tersebut pihak KPUD Prov. Kepri tidak menyertakan pengawalan dari Kepolisian namun logistik Pemilu 2019 dititipkan melalui jasa ekspedisi CV. Anton Natuna.

Pasca kejadian kandasnya kapal pengangkut logistik akhirnya pihak jasa ekspedisi mengirimkan kapal bantuan KM. Kawaranae GT 174 No. 1393 GGa untuk mengangkut kembali logistik Pemilu 2019 yang sebelumnya telah diangkut oleh kapal KM. Bayu Permata dengan tujuan Kab. Natuna.

Namun sebelum terlaksananya pengiriman logistik melalui kapal bantuan, akhirnya Polda Kepri dan Polres Bintan mengambil tindakan dengan melakukan evakuasi logistik Pemilu 2019 tersebut untuk dikembalikan dan disimpan sementara di gudang logistik KPUD Prov. Kepri, hari Minggu (31/03/2019).

Proses pemindahan logistik Pemilu 2019 dari kapal KM. Kawaranae (pengganti kapal KM. Bayu Permata) kepada kapal KM. Madi Dihang dihadiri oleh Karoops Polda Kepri KBP Yerry Oskag, SIK, Dirpolair Polda Kepri KBP Benyamin Sapta, SIK dan Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si serta disaksikan oleh Komisioner KPUD Prov. Kepri, Sdr. Anton selaku pimpinan CV. Anton Natuna, Kasatintelkam Polres Bintan, Kasatpolair Polres Bintan, Kapolsek Bintan Timur dan perwakilan anggota TNI AL Lantamal IV Tanjungpinang.

Sebanyak 26 koli logistik Pemilu 2019 alokasi Kab. Natuna yang telah dievakuasi selanjutnya  diangkut menggunakan kapal KM. Madi Dihang tujuan dermaga Kp. Sungai Enam Laut Kec. Bintan Timur yang selanjutnya dikawal oleh anggota Satbrimobda Kepri ke gudang logistik KPUD Prov. Kepri yang berlokasi di Kota Tanjungpinang, dan direncanakan logistik akan dikirim kembali ke Kab. Natuna pada hari Rabu (03/04/2019) mendatang menggunakan kapal Pelni KM. Bukit Raya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si mengatakan kegiatan evakuasi logistik Pemilu 2019 alokasi Kab. Natuna dari kapal kargo KM. KM. Kawaranae (pengganti kapal KM. Bayu Permata) sebagai upaya preventif mengingat logistik yang diangkut tersebut merupakan dokumen negara yang dalam aturannya pendistribusian logistik Pemilu 2019 harus menyertai petugas Polri sebagai unsur pengawalan.

“Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan logistik Pemilu telah kami evakuasi dan kami kirimkan kembali ke gudang logistik KPUD Kepri untuk disimpan sementara dan pihak KPUD Kepri akan mengirimkan kembali logistik tersebut ke Kab. Natuna yang direncanakan pada hari Rabu tanggal 3 April 2019 menggunakan kapal Pelni KM. Bukit Raya melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang” ungkap AKBP Boy Herlambang. (ary)