Tribratanews.kepri.polri.go.id – Memahami betapa akan pentingnya keberadaan kesatuan ini utamanya dalam menjaga keamanan wilayah dari sektor udara dan perairan. Kepolisian Perairan dan Udara memainkan peran penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan, seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan.

Harus disadari bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan. Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, tentu membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri, khususnya Korpolairud.

Korpolairud akan selalu berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional tersebut. Korpolairud akan meoptimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran Polairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya.

Pada bidang pembinaan masyarakat, satuan ini telah melaksanakan berbagi kegiatan tatap muka dengan masyarakat, penyuluhan tentang keamanan dan keselamatan pelayaran, serta sambang nusa ke pulau-pulau terluar berpenghuni. termasuk pula kontribusi dalam kegiatan bantuan sar pada berbagai wilayah di Indonesia.

Polairud juga telah membuat dan melaksanakan program pencegahan pencurian di kapal di 11 (sebelas) anchorage area yang rawan terhadap pencurian di kapal, sea piracy maupun armed robbery. program ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak luar negeri karena polairud telah peduli terhadap keamanan dan keselamatan kapal dan pelaut asing yang berada di perairan teritorial indonesia.

Kegiatan sinergi dan kerjasama juga terus menerus dilakukan baik dengan institusi luar negeri maupun dengan kementerian dan lembaga di Indonesia seperti Bakamla, Bank Indonesia, TNI AL, KKP, Biro Klasifikasi Indonesia, Kementerian Perhubungan, Perusahaan Penerbangan dan sebagainya.

Penulis  : Yolan

Editor    : Edi